RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN SRIJAYA NEGARA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VII/I
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, mmenghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupu aktivitas sehari-hari.
3.2 Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Menunjukkan ketelitian dalam menyelesaikan suatu
permasalahan.
2. Mendengarkan pendapat dari teman.
3. Memahami
konsep himpunan dan penyajian himpunan.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan diberikannya permasalahan
mengenai himpunan berupa benda atau objek siswa dapat mengelompokkannya secara
benar dan tepat.
2.
Berdasarkan pengalaman sehari-hari siswa
dapat menyebutkan contoh himpunan dan bukan contoh himpunan.
3.
Jika diberikan masalah nyata siswa dapat
menyelesaikannya menggunakan konsep himpunan dan penyajian dengan tepat.
E.
Materi
Pembelajaran :
Konsep himpunan,penyajian himpunan.
F. Model
dan Metode Pembelajaran :
Model Pembelajaran :
PMRI
Metode Pembelajaran :
Diskusi kelompok, tanya jawab
G.
Alat/Media
dan Sumber Belajar:
Media :
LCD, Laptop
Sumber Belajar : LKS,
Power Point
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru meminta
ketua kelas memimpin doa
2.
Guru membagi
siswa menjadi 5 kelompok.
3.
Memberi
stimulus pada siswa dalam bentuk menayangkan power point untuk mempermudah
mereka dalam belajar mengenai himpunan
4.
Guru
membagikan LKS untuk masing masing kelompok
5.
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran
|
|
Inti
|
1. Memahami
masalah konstektual
guru memberi suatu
permasalahan nyata
“Siti memiliki hewan ternak seperti bebek,ayam,sapi,kambing,kerbau. Dari
hewan ternak itu siti ingin mengelompokkan atau membuat himpunan hewan ternak
berkaki empat,bagaimana cara siti menuliskan himpunannya?” dan meminta siswa
terlebih dahulu memahami soal
2. Menjelaskan
masalah konstektual
Kemudian siswa dibantu
guru menterjemahkan soal tersebut sehingga dapat dibuat penyelesaiannya
berdasarkan cara penyajiannya
3. Menyelesaikan
masalah konstektual
Siswa dalam kelompok diminta bekerja sama untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut. Guru mengawasi kerja siswa dalam
kelompok sembari membantu siswa menyelesaikan masalah tersebut.
4. Membandingkan
dan mendiskusikan
Perwakilan dari 2 kelompok tercepat dalam menyelesaikan
masalah tersebut diminta menyampaikan hasil diskusi kelompoknya, kelompok
lain diperbolehkan menyampaikan hasil diskusinya jika terdapat perbedaan
pendapat dengan 2 kelompok tersebut.
5. Kesimpulan
Untuk melihat apakah siswa
sudah memahami himpunan, siswa diminta mengerjakan evaluasi.
|
|
Penutup
|
1.
Guru
memberikan pujian kepada semua siswa yang aktif dalam pembelejaran
hari ini.
2.
Guru
memotivasi siswa untuk terus belajar.
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian : Pengamatan kerja siswa dalam diskusi kelompok
2. Prosedur
penilaian
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Sikap :
a. Percaya diri
b. Teliti
|
pengamatan
|
Selama
pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan :
Memahami
konsep himpunan dan cara penyajiannya
|
Hasil
kerja kelompok
|
Selama
Diskusi
|
J.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
1.
Instrumen Penilaian Sikap
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / 1
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Topik :
Himpunan
Waktu Pengamatan :
Selama
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Aspek sikap yang akan dinilai pada pembelajaran
kali ini adalah sikap percaya diri yang dapat diamati pada saat siswa
menyampaikan hasil diskusi, dan sikap teliti yang dapat diamati dari dalam
kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
2.
Kriteria penilaian sikap Percaya Diri
Amat baik jika siswa
mampu menyampaikan hasil diskusi secara jelas.
Baik jika siswa sudah menunjukan usaha
dalam menyampaikan hasil diskusi
Kurang jika siswa sama sekali tidak dapat menyampaikan
hasil diskusi
3.
Kriteria penilaian sikap Teliti
Amat
baik jika siswa dalam kelompok sangat teliti untuk
menyelesaiakan suatu permasalahan dengan baik.
Baik jika siswa sudah berusaha teliti
dalam menyelesaian masalah yang diberikan.
Kurang jika siswa sama sekali tidak tidak
teliti dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
4.
Tuliskan
tanda pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Teliti
|
||||
AB
|
B
|
K
|
AB
|
B
|
K
|
||
1
|
Ardi Nuryadi
|
||||||
2
|
Arini
Dyah Riskanita
|
||||||
3
|
Asti
Ariani
|
||||||
4
|
Desty
Rupalestari
|
||||||
5
|
Diana
Putri Puspita Dewi
|
||||||
6
|
Diora
Kapisas
|
||||||
7
|
Elisa
Mayang Sari
|
||||||
8
|
Filma
Aditia
|
||||||
9
|
Fitri Indahsari
|
||||||
10
|
Gita
Cahyaningtyas
|
||||||
11
|
Hurairoh
Rhomodon
|
||||||
12
|
Indah
Lestari
|
||||||
13
|
Irenika
|
||||||
14
|
Krista
Lestari
|
||||||
15
|
M.Agung
Firman S.
|
||||||
16
|
M.Damiri
Saputra
|
||||||
17
|
M.Rizky Tama
Putra
|
||||||
18
|
Meita
Karunia
|
||||||
19
|
Monalisa
|
||||||
20
|
Muhammad
Urip Sutanto
|
||||||
21
|
Nadia
Anisa
|
||||||
22
|
Oriza
Zatifa
|
||||||
23
|
Qonitha
Amalia
|
||||||
24
|
R.A
Fitria fadhilah
|
||||||
25
|
ratih Ramadhani
|
||||||
26
|
Reska
Permatasari
|
||||||
27
|
Rima
Febriani
|
||||||
28
|
Sesi
Winarni
|
||||||
29
|
Sholihatun
Nisa
|
||||||
30
|
Sri Utami
|
||||||
31
|
Suci
Agustina
|
||||||
32
|
Ulfa
Rizki Utami
|
||||||
33
|
Uswati
Khoiriyah
|
||||||
34
|
Wiwin Ria
Utami
|
AB = Amat baik B = baik
K = kurang baik
2.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Tes
Tertulis
No
|
Soal
|
Jawaban
|
skor
|
Bobot
|
1
|
Tentukan apakah kumpulan berikut merupakan
himpunan! Jika kumpulan tersebut merupakan himpunan, sebutkanlah kelima
anggotanya :
a. Kumpulan bunga di halaman rumahmu.
b. Kumpulan nama-nama hari dalam satu minggu
c. Kumpulan makanan yang
pedas.
d. Kumpulan buah-buahan.
e. Kumpulan nama-nama planet dala tata surya
|
a) – Bukan
Himpunan
– Tidak terdefinisi dengan jelas
b) – Bukan
himpunan
– Tidak terdefinisi dengan jelas
c) himpunan
H =
{senin,selasa,rabu,kamis,jum’at,sabtu,minggu}
d) – Bukan
Himpunan
– Tidak terdefinisi dengan
jelas
e) Himpunan
P =
{merkurius,venus,bumi,mars,jupiter,saturnus,uranus,neptunus}
|
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
|
50
|
2
|
Tulislah himpunan yang dapat
dibentuk oleh kumpulan berikut.
a. Senin, Selasa,
Sabtu
b. Kaki, Tangan,
Kepala, Telinga
c. Mobil,motor,kereta api,pesawat terbang
d. 0, 1, 4, 9, 16,
25
e. +, :, -, x
|
a)
H = { senin, selasa, sabtu }
b)
A T = { kaki, tangan, telinga }
c)
K = {mobil,motor,kereta api,pesawat terbang}
d) B
= { b | b € bilangan berpangkat }
e) C = {c | c €
operasi bilangan }
|
5
5
5
5
5
|
50
|
Jumlah Skor
|
100
|
Nilai = (Jumlah Skor/100)x 100
Palembang, 30 November 2015
Mengetahui
Filma Aditia
NIM.06081381419061